Etika Penggunaan Internet

Perkembangan teknologi saat ini sangat menguntungkan perusahaan dalam mengelola usahanya, baik itu menjual produk-produk melalui internet, penawaran produk melalui internet, lewat email, website dan situs jejaring sosial juga tidak kalah pentingnya dan digunakan oleh semua kalangan dalam menjalankan usahanya.

Namun di sisi lain penggunaan internet memicu penurunan performa karyawan dalam sebuah perusahaan, sebagian karyawan menggunakan fasilitas internet di kantor untuk keperluan pribadinya, misalnya chating yang bukan untuk kepentingan kantor, buka facebook di jam kantor dan bahkan yang sering kita lihat sekarang ini adalah main game online di jam kantor. Oleh karena itu manajemen sebuah perusahaan membutuhkan sebuah aturan (kode etik) penggunaan internet pada jam kerja sehingga karyawan dapat dituntut fokus pada pekerjaan. Ada beberapa peraturan misalnya pembatasan terkait dengan penggunaan bandwidth dan hak akses.

Dengan menerapkan aturan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan karyawan dalam penggunaan internet. Hal ini tentunya harus didukung juga oleh kesadaran dari karyawan itu sendiri untuk bisa memanfaatkan sebaik-baiknya waktu dan layanan yang telah diberikan oleh perusahaan, sehingga ada nilai timbal balik yang sama-sama menguntungkan antara karyawan dan perusahaan.**(dikutip dari berbagai sumber)

Print Friendly, PDF & Email