PARTISIPASI PDAM TIRTO NEGORO DALAM KEMAH GUGUS DHARMA PRAMUKA 2014

Bertempat di ujung wilayah Kabupaten Sragen, tepatnya di Dukuh Sendangrejo, Desa Gilirejo, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen dilaksanakan Kemah Bakti Gugus Darma Pramuka Kabupaten Sragen pada tanggal 17-18 Oktober 2014. Kemah ini adalah yang kedua kalinya setelah tahun lalu dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sambirejo tahun 2013. Kegiatan ini wajib diikuti oleh Seluruh PNS pejabat eselon II, III dan IV di Kabupaten Sragen ditambah Muspida, Direksi BUMD dan perwakilan Kwartir Cabang Sragen, Kwartir Ranting wilayah Sragen Utara (Miri, Sumberlawang, Plupuh, Kalijambe dan Gemolong).

Kali ini PDAM Tirto Negoro Kab. Sragen bertindak selaku panitia dan peserta. Panitia dalam hal penyediaan air bersih bagi kegiatan memasak, MCK maupun keperluan berwudhu dan keperluan lainnya. Sedangkan sebagai panitia kali ini PDAM Tirto Negoro diwakili oleh Direktur Umum Bapak M Sholeh yang notabene berasal dari Miri. Kemah Bakti Gugus Darma Pramuka II tahun ini diikuti lebih dari 700 pejabat dari Bupati hingga pejabat eselon IV. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rasa persaudaraan, kebersamaa, kekompakan dan kekeluargaan sesame peserta maupun dengan masyarakat sekitar. Selama kegiatan seluruh pejabat menanggalkan statusnya dan bersama-sama bergotong royong bersama masyarakat sekitar untuk membangun rumah tidak layak huni (RTLH) dan perbaikan sarana prasarana umum. Kegiatan lain adalah pembagian santunan sembako kepada warga kurang mampu hasil sumbangan seluruh SKPD dan instansi se-Kabupaten Sragen. Bahkan acara mencari jejak yang biasanya hanya sekedar jalan ini dikemas dengan mengantarkan sumbangan sembako ke alamat yang dituju sekaligus bersilaturahim dengan warga lengkap dengan tanda terima dan dokumentasinya.

Sejak pembukaan yang dilakukan oleh Bupati Sragen Bapak Agus Fatchur Rahman SH MH acara dilanjutkan dengan aneka dinamika kelompok dan permainan besar. Alhasil kelompok IV dimana tenda PDAM Tirto Negoro Sragen berada dan berinisiatif dalam dinamika kelompok meraih juara I dan mendapatkan hadiah spontan 1 juta rupiah dari panitia. Dan pada malam harinya acara renungan malam diawali dengan api unggun bersama-sama dengan atraksi kembang api dan berbagai acara hiburan baik dari peserta maupun masyarakat. Dan kebersamaan ini merupakan potret kedekatan pejabat pemda Kabupaten Sragen dengan sebagai pelayan publik yang diharapkan dapat memberikan yang terbaik kebada seluruh masyarakat Sragen.

kemah2

kemah4

kemah5

Dengan lokasi yang terletak di ujung Kabupaten Sragen ditambah keindahan waduk Kedung Ombo yang sedang mengalami penurunan tinggi muka air waduk maka menambah kekhusyukan dalam melaksanakan Kemah Bakti Gugus Dharma Pramuka kali ini. Cuaca panas dan tanah gersang bukan halangan bagi peserta untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Dan peran penting PDAM Tirto Negoro dalam menyediakan air bersih baik bagi kegiatan memasak, MCK maupun kegiatan lain menjadi sangat vital. Dengan satu mobil truk tanki yang standby di lokasi siap sedia memenuhi kebutuhan air bersih dengan ditopang tendon /reservoir kapasitas 2000 liter sebanyak 2 buah.

kemah3

Tandon air dari PDAM Tirto Negoro selama acara Kemah Bakti 2014

Semoga dengan Kemah Bakti Gugus Dharma Pramuka Kabupaten Sragen II ini mampu menyatukan antara peserta yang notabene adalah para pejabat di lingkup pemkab Sragen dengan masyarakat Sragen umumnya dan Kecamatan Miri khususnya. Sampai jumpa di Kemah Bakti Gugus Dharma Kabupaten Sragen III berikutnya tahun 2015. **(msholeh10@gmail.com)

Print Friendly, PDF & Email