HADIRI OFFICIAL KICK OFF “WATERWORX” DI AMSTERDAM, BELANDA

Tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) Government to Government yang telah ditandatangani beberapa bulan lalu di Jakarta antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Belanda serta kerjasama yang telah terjalin selama kurun waktu 2 tahun terakhir dengan OASEN NV, PDAM Tirto Negoro Kabupaten Sragen beserta Bupati Kabupaten Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Ketua DPRD Kabupaten Sragen Bambang Samekto, S.H. menghadiri undangan Official Kick Off Waterworx dalam rangka AIWW (Amsterdam International Water Week) sekaligus penandatanganan kesepakatan kerjasama Letter of Intent (LoI) di Amsterdam, Belanda 30 Oktober 2017 lalu.

PDAM Tirto Negoro Kabupaten Sragen adalah salah satu Perusahaan Daerah Air Minum di Indonesia yang dipilih oleh OASEN NV Belanda dari 22 Perusahaan Air Minum di 17 negara Asia, Afrika dan Amerika Latin untuk bergabung menjadi salah satu WOP (Work Operator Partner). Waterworx sendiri merupakan organisasi yang di bentuk oleh Netherland Ministry of Foreign Affairs sebagai wadah untuk perusahaan-perusahaan Air Minum di negara Belanda yang akan bekerja sama dengan perusahaan sejenis dari negara lain, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan akses fasilitas air bersih dan sanitasi secara berkelanjutan. Di Indonesia sendiri hanya ada 2 perusahaan Daerah Air Minum yang tergabung dalam Program Waterwox, yaitu PDAM Tirto Negoro Kabupaten Sragen dan PDAM Tirta Moedal Kota Semarang.

Dalam agenda tersebut dilakukan beberapa kegiatan penting. Hari pertama,penandatanganan peta wilayah kerjasama pada sebuah bola globe dunia dan mengikuti presentasi dari Carola van Rijnsoever, Dutch Ministry of Foreign Affairs, Koos Wieriks, Dutch Ministry of Infrastructure and Environment, Prof. Dr. Ir. Walter G. J. van der Meer, Main Director of OASEN NV bertempat di kantor Water.net kota Amsterdam.

Hari kedua, Penandatangan Letter of Intent antara Direktur Utama Oasen NV Prof. Dr. Ir. Walter G.J. van der Meer dan Direktur Utama PDAM Tirto Negoro Kabupaten Sragen Supardi, S.E.,presentasi mengenai Kabupaten Sragen yang disampaikan oleh Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, presentasi tentang PDAM Tirto Negoro oleh Direktur Teknik Ir. Samuel Rudhianto, M.H., serta sambutan singkat dari Ketua DPRD Kabupaten Sragen Bambang Samekto, S.H. bertempat di kantor OASEN NV kota Gouda dan dilanjutkan melakukan kunjungan lapangan ke salah satu unit Water Treatment OASEN NV di ZS de Steeg

Hari ketiga, Presentasi dari OASEN NV oleh Director of Foreign Affairs and Service Jeroen Schmaal bertempat di kantor OASEN NV kota Gouda serta dilanjutkan kunjungan ke Laboratorium Aqualab Zuid.

Hari keempat, Presentasi dari OASEN NV oleh Direktur Distribusi Peter Mense di kantor OASEN NV kota Gouda dan dilanjutkan kunjungan ke kantor dan instalasi sanitasi Waterschap di kota AWZI Kralingse Veer.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sragen Bambang Samekto, S.H. mendukung bentuk kerja sama ini selama memberikan manfaat positif bagi masyarakat Kabupaten Sragen dan membuat PDAM menjadi lebih maju.

Persiapan PDAM Tirto Negoro Kabupaten Sragen dalam kerja sama dengan OASEN NV ini telah dilakukan oleh Direktur Utama Supardi, S.E. dengan membentuk tim yang diketuai oleh Direktur Teknik Ir. Samuel Rudhianto, M.H.. Kepada tim, Direktur Utama menggarisbawahi pentingnya disiplin dalam menjalankan tugas sesuai dengan time schedule yang ada.

Diungkapkan oleh Direktur Teknik selaku Ketua Tim, bahwa sasaran kerja sama ini fokus dalam bidang penurunan NRW (Non Revenue Water), akses terhadap air bersih kepada Low Income Community, Capacity Building dengan isu utama tentang management pressure, drinking water quality, kesiapan PDAM dalam menghadapi perubahan iklim terkait dengan potensi sumber air baku yang ada. Secara lebih detail rincian kegiatan serta jadwal pelaksanaan juga pembiayaannya sedang dalam tahap penyusunan bersama dengan pihak OASEN NV.**(Sigit)

4,707 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Print Friendly