PDAM Sragen

INFO PDAM :**Program promo MBR 2014 sudah berakhir sejak tanggal 17-10-2014, biaya pemasangan sambungan baru kembali seperti semula yaitu Rp. 770.000,-.**Musim kemarau yang belum berakhir serta seringnya pemadaman listrik PLN, mengakibatkan berkurangnya debit air PDAM serta terganggunya aliran air PDAM, maka dihimbau kepada pelanggan PDAM Sragen serta masyarakat Sragen pada umumnya , untuk memanfaatkan air bersih dengan bijak serta membuat tempat penampungan air bersih yang bertujuan untuk menghindari kekurangan air bersih saat beban puncak pemakaian.**Segala bentuk informasi mengenai recruitment pegawai PDAM Tirto Negoro sudah tidak berlaku, sudah ditutup sejak Januari 2014.**Loket Tagihan Pembayaran Rekening PDAM TIRTO NEGOROaltaltalt**Call Center PDAM TIRTO NEGORO 24 JAM DI (0271) 707 5985, email : info@pdamsragen.com.

PDAM Tirto Negoro : Home

DIREKTUR PAM : PEMDA HARUS PUNYA KOMITMEN BANGUN JARINGAN DISTRIBUSI TERSIER PDF Cetak Email
Penilaian User: / 0
TerburukTerbaik 
Ditulis oleh Bambang Setiawan   
Rabu, 05 Juni 2013 09:33

Jakarta - Pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan perusahaan daerah air minum (PDAM) harus memiliki niat dan komitmen yang tinggi untuk ikut mendukung tercapainya target pembangunan milenium (Millenium Development Goals/MDGs) Tahun 2015 untuk bidang pelayanan air minum, khususnya dalam membangun jaringan distribusi tersier berupa sambungan rumah (SR).

Menurut Direktur Pengembangan Air Minum (PAM) Ditjen Cipta Karya, Kementerian PU, Ir Danny Sutjiono, ketika memberikan pengarahan pada acara pembukaan Workshop Manajemen Advisory Penyusunan Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wilayah I dan II di Jakarta, Senin (3/6), sangat penting adanya niat dan komitmen dari pemerintah daerah untuk bersama-sama pemerintah pusat, dalam merealisasikan target MDGs Tahun 2015 bidang pelayanan air minum secara nasional sebesar 68,8 persen. Saat ini, kata Direktur PAM, tingkat pelayanan bidang air minum secara nasional, sudah mencapai 55 persen, sehingga dalam tiga tahun ke depan, harus dicapai peningkatan pelayanan sebesar 13,5 persen. Namun menurutnya, sesungguhnya dari sisi kapasitas, tingkat pelayanan bidang air minum saat ini sudah mencapai 62 persen secara nasional, sehingga secara rasional, target MDGs 2015 bidang air minum sebesar 68,8 persen tidak akan terlalu sulit untuk dicapai, karena tinggal 6,8 persen lagi. "Pagu anggaran saat ini sangat mampu untuk membangun sistem penyediaan air minum (SPAM) dengan kapastitas yang diharapkan, karena itu sangat penting bagi Direktorat PAM dan seluruh Satker PKPAM di seluruh provinsi untuk mendorong pemerintah daerah membangun sambungan rumah," katanya. Karena itu Direktur PAM meminta peserta workshop untuk membuat Rencana Induk SPAM yang benar-benar mampu menggambarkan perencanaan target dan sasaran secara jelas. Untuk mencapai target MDGs 68,8 persen, kata Danny Sutjiono, setidaknya harus dibangun 7,5 juta sambungan rumah (SR) oleh pemerintah daerah. "Dari kebutuhan itu, bisa dibagi berapa SR untuk setiap provinsi, dan kemudian dibagi lagi berapa SR untuk setiap pemerintah kota/kabupaten, sehingga bisa digambarkan secara realistis target SR hingga 2015," kata Direktur PAM.

Menurut Danny Sutjiono, target MDGs bidang air minum tahun 2015 akan memberikan dukungan bagi target Kementerian PU di bidang SPAM, yaitu target pelayanan air minum yang aman bagi semua orang atau "Water Services For All People" pada tahun 2025. Sistem penyediaan air minum dan air minum yang aman harus dimanfaatkan untuk banyak orang, dan hal itu harus masuk dalam Rencana Induk SPAM, sehingga di tahun-tahun mendatang akan mudah bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menetapkan program SPAM, termasuk pembangunan jaringan distribusi. Direktur PAM juga mengingatkan para peserta workshop untuk berpikir tentang peningkatan akses terhadap air minum yang aman bagi masyarakat, serta kewajiban pemerintah daerah dan perusahaan daerah air minum untuk menyediakan pendanaan melalui APBD. "Tidak bisa pembangunan SPAM seluruhnya dari APBN, karena harus ada kewajiban pemerintah daerah dan PDAM untuk menyediakan pendanaan sesuai kapasitas idealnya. Namun harus diakui, kendalanya adalah kecilnya anggaran APBD," katanya. Namun Danny Sutjiono mengemukakan dua cara bagi pemerintah daerah dan PDAM untuk memperoleh dana untuk membiayai pembangunan jaringan distribusi tersier yang menjadi tanggung jawabnya, yaitu melalui sistem pinjaman perbankan bersubsidi serta pinjaman melalui Pusat Investasi Pemerintah. "Bagi PDAM sehat namun tidak memiliki dana, pemerintah pusat bisa membantu melalui pinjaman perbankan bersubsidi, artinya, bunga pinjaman disubsidi oleh pemerintah pusat, sehingga yang semula besarnya 7.2 persen, bisa menjadi 5,7 persen," katanya.

Sedangkan untuk PDAM tidak sehat, bisa dilakukan pinjaman melalui Pusat Investasi Pemerintah, dengan bunga yang jauh lebih rendah dibanding bunga perbankan biasa. Tidak hanya itu, menurut Direktur PAM, pemerintah pusat juga bisa memberikan bantuan pendanaan khusus bagi pemerintah daerah dan PDAM yang berniat membangun jaringan distribusi tersier atau SR bagi rakyat miskin. "Tetapi pembangunan SR bagi kalangan menengah ke atas, seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan PDAM setempat," katanya.

Workshop Kegiatan Manajemen Advisory Penyusunan Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wilayah I dan II akan berlangsung hingga 5 Juni 2013, diikuti para asisten perencanaan Satker PKPAM provinsi di wilayah I dan II. Selain mendengarkan pengarahan dari Direktur PAM, workshop juga mengundang beberapa nara sumber yang akan memberikan masukan dan saran bagi peserta workshop. **(dikutip dari ditpam-pu.org)

 Dibaca: 4305 kali.
 
FacebookTwitterGoogle BookmarksLinkedinRSS FeedPinterest

Cari Artikel

Info

Segala bentuk informasi mengenai recruitment pegawai PDAM Tirto Negoro sudah tidak berlaku, sudah ditutup sejak Januari 2014.

Arsip Berita

Call Center

Online Help

YM STATUS

Kirim Email

Isi formulir berikut untuk mengirimkan pertanyaan kepada PDAM Sragen.





Loket Pembayaran

kipo
logo bkk
logo pos
logo tirto negoro-mini
logo-bri_2
logoteleanjarbesar

Waktu Sholat


English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Login Form

Layanan PDAM

Hit Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday479
mod_vvisit_counterYesterday3990
mod_vvisit_counterThis month57586

Pengunjung Online

Ada 16 tamu online

Jumlah Konten Dibaca

Content View Hits : 93144

Waktu

Oktober 2014
MSSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

Flag Counter

Flag Counter

Lokasi Kantor Pusat PDAM Tirto Negoro

www.mapsembed.com

Hubungi Kami

Address: Jl. Ronggowarsito No. 18, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah
Tel: (0271)891590
Fax: (0271)890027
SMS: (0271)7075985
Website: www.pdamsragen.com