REFLEKSI HARI AIR SEDUNIA KE-34 TAHUN 2016

logo tirto negoro-mini

PRESS RELEASE

REFLEKSI HARI AIR SEDUNIA KE-34 TAHUN 2016

“HAK ASASI AIR”

Hari ini 22 Maret 2016 diperingati sebagai Hari Air Sedunia (World Water Day) yang ke 34. Tema hari air sedunia tahun ini yaitu “Water and Jobs” atau Air dan Pekerjaan. Air sangat vital bagi kehidupan dan pekerjaan. Tanpa air kehidupan akan musnah. Tema ini sekaligus menyoroti pentingnya air bagi rakyat dalam agenda ketenagakerjaan dalam pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Disinyalir lebih dari 1.5 Milyar penduduk dunia bekerja sangat tergantung dengan air dalam proses pekerjaanya.

dws-events-wwd2016-logo-770px

Air sangat unik bagi kebutuhan hidup semua makhluk. Air sedikit menjadi masalah, air melimpah menjadi masalah ! Contohnya dampak fenomena El Nino di akhir 2015 menimbulkan dampak kekeringan yang cukup panjang, puso-nya hasil pertanian, kebakaran hutan hingga bencana asap di berbagai wilayah di Indonesia. Dan seperti diduga sebelumnya setelah fenomena El Nino di penghujung tahun 2015, maka pada awal tahun 2016 ini dimulai fenomena La Nina, yaitu berlimpahnya air di musim hujan cenderung menyebabkan banjir, tanah longsor, ataupun bencana alam lainnya akibat air berlebih.

Oleh karena itu sudah tepat pemrintah telah mencanangkan program 100-0-100 pada tahun 2019, yaitu pada tahun itu akses air minum mencapai 100%, 0 % wilayah kumuh dan 100% sanitasi layak. Tekad ini sekaligus menunjukkan betapa pentingnya akses air minum bagi hidup dan kehidupan ummat manusia dan kelestarian lingkungan hidupnya. Lebih dari itu hak asasi air telah dipikirkan oleh para pendiri Republik ini melalui pasal-pasal di dalam Undang-Undang Dasar 1945. Pasal 33 ayat (3) berbunyi “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.

Kepedulian pemerintah baik pusat, provinsi hingga ke kota/kabupaten wajib memenuhi akses air bersih atau air minum bagi kebutuhan masyarakat. Disinilah tanggung jawab PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) sebagai pelaksana untuk pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat tersebut. Apapun alasannya maka tugas mulia ini harus dilaksanakan dengan sebaik.baiknya. Selamat Hari Air Sedunia ke-34 tahun 2016. Semoga Tetap Jaya PDAM, dapat melaksanakan tugas pemenuhan air bagi masyarakat. Semoga !!!. **(msholeh@gmail.com)

1,258 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Print Friendly